Minggu, 15 Maret 2009

Selamat Hari Perawat

Selamat Hari Perawat!

Perawat merupakan salah satu profesi yang dibutuhkan dalam dunia kesehatan, karena perawatlah yang paling banyak berperan dalam membantu proses penyembuhan seorang pasien. Perawatlah yang paling sering melakukan kontak dengan pasien dan oleh sebab itu perawatlah yang paling mengetahui mengenai kondisi seseorang pasien yang dirawat.

Apakah perawat merasa nyaman untuk menjalani profesinya, ternyata tidak. Hal ini disebabkan karena aktivitas perawat dalam menjalani profesinya dibatasi oleh undang-undang kesehatan. Karena segala tindakan medis, walau sekecil apapun tidak ada wewenang seorang perawat untuk melakukannya. Tetapi ternyata di lapangan banyak sekali tindakan-tindakan yang bersifat medis dilakukan oleh perawat karena perawat mengetahui ilmunya dan seorang perawat juga diajarkan sewaktu sekolah/kuliahnya.

Oleh karena ituah, peran dari pemerintah terutama dari legislatif untuk mengesahkan RUU praktek keperawatan yang telah masuk dalam waiting list tahun 2006 dan sampai sekarang belum ada perubahan dalam urutannya. Tujuan dari pengesahan RUU Praktek Keperawatan itu agar perawat merasa aman dalam menjalani profesinya dan pasien pun merasa nyaman dalam menerima pelayanan yang diberikan oleh seorang perawat.

Untuk itulah kami dari Peduli Kesehatan Orang Indonesia (PEKTORIS) Kalimantan Barat sangat mendukung apa yang akan dilakukan oleh teman-teman mahasiswa Perawat dan perawat yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kalimantan Barat khususnya dan di Indonesia pada Umumnya untuk melakukan aksi damai menuntut pegesahan RUU Praktik Keperawatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2008, bertepatan pada Hari Perawat Sedunia.

Oleh karena itulah, kami dari PEKTORIS Kalimantan Barat mengucapkan selamat hari perawat sedunia bagi seluruh perawat di tanah air di mana pun berada. Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh teman-teman perawat mendapat respon dari pihak pemerintah dan legislatif dan mendapat karunia dari Tuhan. Amin


Tri Aan Agustiansyah
Ketua Umum PEKTORIS
Kalimantan Barat

0 Comments: