Senin, 16 Maret 2009

Theory Of Comfort (Chaterine Kolcaba)

KONSEP METAPARADIGMA
Kolcaba menjabarkan definisinya sebagai berikut :
Keperawatan
Keperawatan adalah penilaian kebutuhan akan kenyamanan, perancangan kenyamanan digunakan untuk mengukur suatu kebutuhan, dan penilaian kembali digunakan untuk mengukur kenyamanan setelah dilakukan implementasi. Penilaian dan Penilaian kembali dapat dinilai secara subjektif, seperti ketika perawat menanyakan kenyamanan pasien, atau secara objektif, seperti observasi menyembuhkan luka, perubahan nilai laboratorium, atau perubahan perilaku. Penilaian juga dapat melalui rangkaian penilaian skala melalui penglihatan atau daftar pertanyaan, yang mana kedua-duanya telah dikembangkan oleh Kolcaba.
Pasien
Penerima perawatan seperti individu, keluarga, institusi, atau masyarakat yang membutuhkan perawatan kesehatan.
Lingkungan
Lingkungan adalah banyak aspek tentang pasien, keluarga, atau instutitusi melingkupi tindakan oleh perawat atau orang tercinta untuk meningkatkan kenyamanan.
Kesehatan
Kesehatan adalah jumlah yang berfungsi secara optimal, seperti yang digambarkan oleh pasien atau kelompok, atau suatu pasien, keluarga, atau masyarakat.

ASUMSI
1. Manusia mempunyai tanggapan holistic untuk stimulus yang kompleks.
2. Kenyamanan adalah suatu hasil holistic yang diinginkan yang mengacu pada disiplin keperawatan.
3. Manusia bekerja keras untuk menemukan kenyamanan dasar mereka, yang didapatkan dari usaha yang giat.
4. Kenyamanan yang akan ditingkatkan pada pasien harus melibatkan HSBs pilihan mereka.
5. Pasien dianjurkan dengan aktif pada HSBs yang telah ditetapkan dengan pelayanan kesehatan mereka.
6. Integritas kelembagaan adalah dasar dari sistem nilai bagi penerima perawatan.

PERNYATAAN TEORITIS
1. Perawat mengidentifikasi kebutuhan kenyamanan yang tidak terlihat dari pasien, desain kenyamanan digunakan untuk mengukur kebutuhan, dan untuk mencari peningkatkan kenyamanan pasien mereka, di mana hasil tersebut diinginkan dengan segera.
2. Peningkatan kenyamanan langsung dan secara positif dihubungkan dengan penerapan di dalam HSBs, seperti hasil yang diinginkan sebelumnya.
3. Kapan seseorang mempunyai pendukung yang sesuai untuk dilibatkan secara penuh di dalam HSBs, seperti pemulihan dan/atau program penyembuhan atau cara hidup, integritas institusi juga sangat mendukung.

FORMAT LOGIS
Kolcaba mengembangkan Teori Kenyamanan melalui tiga jenis pemikiran logis. (1) Induksi/pelantikan, (2) Deduksi/pengurangan, (3) Ratroduksi.
Induksi
Induksi terjadi ketika penyamarataan dibangun dari suatu kejadian yang diamati secara spesifik. Di mana perawat dengan sungguh-sungguh melakukan praktek dan dengan sungguh-sungguh menerapkan keperawatan sebagai disiplin, sehingga mereka menjadi terbiasa dengan konsep Implisit atau eksplisit, terminologi, dalil, dan asumsi pendukung praktek mereka. Ketika perawat lulus sekolah, mereka mungkin diminta untuk menjelaskan diagram prakteknya, yang mana tugas tersebut sangatlah mudah.
Pengurangan
Pengurangan adalah suatu format dari pemikiran logis di mana kesimpulan spesifik berasal dari prinsip atau pendapat yang lebih umum; prosesnya dari yang umum ke yang spesifik. Langkah mengurangi pengembangan teori mengakibatkan teori kenyamanan dapat dihubungkan dengan konsep lain untuk menghasilkan suatu teori. Kerja dari tiga ahli teori keperawatan diperlukan untuk mendefinisikan kenyamanan. Oleh karena itu Kolcaba lebih dulu melihat di tempat lain untuk bekerja secara bersama untuk menyatukan kebutuhan seperti keringanan, ketentraman dan hal yang penting. Apa yang dibutuhkan, dia merealisir suatu yang abstrak dan kerangka konseptual umum yang sama dengan kenyamanan dan berisi dalam jumlah banyak yang bersifat abstrak.
Retroduksi
Retroduksi adalah suatu format pemikiran untuk memulai ide. Bermanfaat untuk memilih suatu fenomena yang dapat dikembangkan lebih lanjut dan diuji. Pemikiran jenis ini diterapkan di (dalam) bidang di mana tersedia sedikit teori. Seperti pada kasus hasil riset, di mana saat ini memusat pada pengumpulan database besar untuk mengukur hasil dan berhubungan pada pengeluaran untuk jenis keperawatan, medis, institusi, atau protokol masyarakat. Penambahan suatu kerangka teori keperawatan untuk riset hasil akan meningkatkan area penelitian keperawatan karena praktek dasar teori memungkinkan perawat untuk mendisain intervensi yang sama dan selaras dengan hasil yang diinginkan (Gambar 1 dan 2).






Garis 1

Garis 2

Garis 3 +


Garis 4






Gambar 1 : (Mid-Range) Teori of Comfort.













Gambar 2 : Penyesuaian Teori Kenyamanan untuk Riset
Garis ke-4 diagram menunjukkan midrange dari Teori Kenyamanan dan dapat diterapkan lebih lanjut untuk banyak situasi perawatan khusus atau masalah riset spesifik di tingkatan praktek. Pembatasan konsep yang sama dan sebangun dengan suatu pengaturan spesifik dapat diperoleh dari garis 4 untuk membentuk suatu garis baru 5 (mikro atau tingkatan teori dari praktek). Pada level mikro teori kenyamanan dapat sebagai kerangka konseptual untuk praktek, pendidikan, dan riset dan dapat dipublikasikan. Teori Kenyamanan dapat di uji sebagian atau semuanya.

PENERIMAAN OLEH KOMUNITAS KEPERAWATAN
Praktek
Teori ini masih baru. Masih terus dikenalkan dan dipelajari oleh para siswa yang memilih teori ini untuk kerangka studi mereka, seperti di dalam kebidanan perawat, jantung catheterisasi, perawatan kritis, pekerja rumah sakit, ketidaksuburan / kemandulan, terapi radiasi, keperawatan bedah tulang, dan UI. Area studi yang tak diterbitkan, tetapi dibahas oleh Kolcaba melalui website nya, meliputi unit luka bakar, klinik keperawatan, perawatan rumah, nyeri kronis, terapi pijatan, pediatrik, oncology, dan perioperative.
Pendidikan
Menunjukkan bahwa kenyamanan diajarkan pada program diploma keperawatan, Teori Kenyamanan telah diterapkan di keperawatan dari orang dewasa tua yang dilaporkan oleh Cox pada tahun 1998. Teori ini sangat mudah untuk dipahami dan diterapkan pada mahasiswa perawat yang menyajikan suatu metode efektif untuk menilai kebutuhan kenyamanan holistic pada orang tua dengan rancangan perawatan akut. Ada juga subchapter tentang teori kenyamanan di dalam Konsep Inti untuk Praktek Keperawatan Lanjutan. Teori ini tidak terbatas pada gerontological atau pendidikan praktek lanjutan. Ini akan sukar diingat lagi pada pengaturan keperawatan atau praktek di mana kenyamanan yang ditemukan tidak akan sesuai lagi.

Riset
Di dalam Encyclopedia Keperawatan Riset menyebutkan pentingnya mengukur kenyamanan pada keperawatan-hasil sensitif. Perawat dapat menyediakan bukti untuk mempengaruhi keputusan institusi, masyarakat, dan tingkatan legislatif yang hanya sampai pada studi kenyamanan yang menunjukkan efektivitas holistic dari Keperawatan. Baru-baru ini, pengukuran kenyamanan di rumah sakit besar dan perawatan rumah datanya telah ditetapkan untuk menambah literatur pada riset.
Menggunakan sistem klasifikasi (Gambar 3) sebagai pemandu, Kolcaba mengembangkan daftar pertanyaan mengenai Kenyamanan umum untuk mengukur kenyamanan holistic di dalam suatu contoh rumah sakit dan masyarakat peserta. Untuk melakukannya, hal positif dan negatif dapat dihasilkan di masing-masing sel di (dalam) tabel. 24 hal positif dan 24 hal negatif sudah komplit dengan suatu Likert-jenis format berkisar dari kekuatan pengakuan sampai kekuatan membantah. Skor yang tinggi Score menandai tingginya kenyamanan. Pada akhir instrumentasi belajar dengan 206 orang pada satu waktu peserta dari semua jenis unit di dua rumah sakit dan 50 orang dari masyarakat, daftar pertanyaan Kenyamanan yang umum menunjukkan suatu alfa Cronbach'S of.88.
Struktur kenyamanan yang terklasifikasi menyediakan suatu peta daerah kenyamanan yang pada masa depan peneliti dapat menggunakannya untuk mendisain instrumen kenyamanan dari mereka sendiri. Kolcaba telah mendaftar untuk mengadaptasikan daftar pertanyaan kenyamanan yang umum untuk permasalahan riset yang baru pada halaman webnya. Oleh karena itu sangatlah gampang bagi peneliti untuk menyediakan daftar pertanyaan kenyamanan yang dikhususkan untuk riset. Skala analog visual dan format daftar pertanyaan dapat di download dari websitenya Kolcaba..




Tipe dari Kenyamanan
Keringanan Ketentraman Transcendence




Fisik
Psikospritual
Lingkungan
Sosial

Tipe dari Kenyamanan
1. Keringanan : Keadaan seorang pasien yang menemukan kebutuhan spesifiknya
2. Ketentraman : Keadaan tenang atau senang
3. Transcendence : Keadaan dimana satu kenaikan di atas satu masalah atau nyeri

Konteks di mana terjadinya kenyamanan :
 Fisik : Menyangkut sensasi dari tubuh
 Psikospritual : Menyangkut kesadaran internal diri, memasukkan pengarahan, konsep, seksual dan kehidupan utama ; suatu hubungan yang sangat dekat.
 Lingkungan : Menyangkut yang ada di sekitar eksternal, kondisi dan pengaruh
 Sosial : Menyangkut Interpersonal, keluarga dan hubungan sosial.

0 Comments: